14 Desember 2011

Klaim Departemen dan Sekolah

Hal yang sangat digemari oleh banyak orang saat ini adalah klaim terhadap berbagai macam hal. Mulai dari penemuan, penamaan, pekerjaan hingga tempat tinggal. Untuk itu, penulis menyarankan agar anda mengklaim diri anda sendiri sebelum diri anda diklaim oleh orang lain. Anekdot yang bisa jadi akan menjadi beralasan suatu saat nanti.

Berkaitan dengan klaim, penulis akan mengklaim juga apa yang penulis anggap penting untuk mencegah klaim dari pihak-pihak yang kurang senang terhadap hal yang akan penulis klaim. Berikut klaim penulis:
1. Penggantian istilah jurusan dengan departemen di perguruan tinggi Indonesia. Penulis mengklaim bahwa pengubahan istilah jurusan dengan departemen dilakukan pertama kali di Indonesia oleh ITB. Mulai tahun 2000, ITB menggunakan istilah departemen sebagai pengganti jurusan. Perubahan istilah ini diikuti perguruan tinggi lainnya setelahnya.
2. Penggunaan istilah sekolah untuk mengganti fakultas di perguruan tinggi Indonesia. Penulis lagi-lagi mengklaim bahwa ITB pertama kali di Indonesia melakukan perubahan ini. Terbukti sejak tahun 2008, ITB telah menggunakan istilah sekolah pada beberapa fakultasnya. Hal ini mulai diikuti perguruan tinggi di sebelah barat kota Bandung.

Dengan diumumkannya klaim tersebut, penulis mengharapkan agar inferior syndrome yang sering menjangkiti diri kita agar tidak digunakan untuk mengklaim secara sepihak hanya karena untuk mengangkat pamor pribadi atau institusi.

Demikian, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar