09 Agustus 2011

Anda Tidak Mengerti Berbagai Masalah

Kemarin (8/8/2011) merupakan salah satu hari yang tidak akan penulis lupakan. Pada hari tersebut, tidak dengan sengaja mendengar perkataan dari atasan penulis yang dengan jelas meragukan kemampuan penulis dalam masalah teknis di bidang cement manufacturing. Seketika itu juga, penulis menyatakan bahwa juga tidak mempercayai atasan penulis dalam banyak masalah.

Penulis menyatakan hal demikian sebagai anti tesis dari atasan penulis tersebut. Dalam banyak hal memang seolah-olah atasan penulis "nyambung" dalam pembicaraan dengan orang lain. Padahal tidak sama sekali. Sebagai contoh yang paling dekat sebelum pernyataan dari atasan penulis keluar adalah permasalahan yang berkaitan dengan kebakaran di bag filter coal pulvurized bin. Bapak atasan, anda harus ingat bahwa syarat terjadinya peristiwa kebakaran karena 3 hal, yaitu adanya bahan bakar, adanya oksigen, dan terakhir adanya sumber api. Kebakaran terjadi jika ke-3 hal tersebut terpenuhi semuanya. Sekarang anda tinjau kembali susunan geometri bag filter anda. Disitu akan anda lihat bahwa udara sebagai carrier pulvurized coal disuplai lebih banyak jika dibandingkan dengan kemampuan fan pada bag filter. Anda harus ingat fungsi bag filter tersebut bukan? Jika tidak ingat, baca kembali buku catatan anda. Jika ada. Lantas apa yang akan terjadi? maka akan terjadi kelebihan kadar oksigen dalam bin tersebut. Anda berargumen kenapa kalau ada kelebihan pressure explosive valvenya tidak bekerja. Anda berargumen dengan argumen yang ngawur, yang tentu saja bagi saya argumen anda lebih dikarenakan ketidak mampuan anda di bidang proses. Anda bukan process engineer, ingat itu. Anda ingat operasi pengisian bin tersebut? Jika tidak, kembalilah ke CCR. Apakah anda sudah bisa memahami? Ini masalah teknis. Jika sudah, perhatikan ini. Anda pernah mendengar istilah flash point? Jika tidak buka catatan anda. Anda harus bekerja keras dengan ini. Di dalam bin ada ke-3 unsur terjadinya kebakaran yaitu, oksigen dari udara, pulvurized coal dan flash point dari pulvurized coal. Anda bisa memahaminya? Jika anda, atasan penulis, mambaca tulisan ini mudah-mudahan anda akan mengerti.

Itu hanya segelintir contoh betapa tidak terjangkaunya pemikiran anda pada masalah teknis yang sesungguhnya. Masih banyak lagi contoh yang bisa penulis kemukakan. Selama ini penulis menghormati anda dengan segala kekurangannya. Tapi ketika anda menabuh genderang perang, maka penulis akan dengan senang hati menarinya. Maka bersamaan ini penulis kembali menegaskan bahwa penulis tidak mempercayai anda, atasan penulis, dalam banyak masalah. Saya akan mengatakan langsung ini kepada anda pada saatnya nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar